Monday 14 March 2016

Pemahaman Tentang Desain Grafis

PEMAHAMAN TENTANG DESAIN GRAFIS - Sebelum membicarakan tentang desain grafis tidak ada salahnya kita pahami apa itu desain grafis. Satu hal yang penting untuk kita pahami adalah antara DESAIN GRAFIS dan KOMPUTER GRAFIS. Hal ini karena Desain Grafis berhubungan dengan proses menggagas dan mengkreasikan suatu pesan. Sedangkan Komputer Grafis fokus terhadap alat yang mewujudkan gagasan Desainer Grafis. 

Jadi, orang yang pandai atau mahir komputer grafis belum tentu bisa menjadi Desainer Grafis. Begitu pula sebaliknya. Sehingga orang yang mempunyai konsep matang dibidang seni (Khususnya Seni Grafis) tetapi tidak atau belum menguasai software grafis, akan kesulitan dalam mewujudkan konsep desain yang dia punya.

Ibarat Anda diberikan selembar kertas putih kosong, dan Anda ingin membuat info tentang suatu acara/produk diatas kertas tersebut. Tujuannya tentu saja agar banyak orang yang tertarik dengan acara/produk tersebut.

Selanjutnya pasti kita ingin memberikan tulisan atau pun image yang menarik perhatian bagi semua orang dan tentu anda akan mengambil alat tulis dan mulai corat-coret desain yang ada di benak Anda.

Dari hasil corat-coret tersebut dapa Anda aplikasikan ke dalam visual di software pada komputer Anda. Jadi pengertian sederhana dari Desain Grafis, yaitu bagaimana Anda membuat konsep / mewujudkan kreasi gambar dan teks untuk menyampaikan pesan kepada banyak audient.

Jika Anda ingin menjadi Desainer Grafis, Janganlah terburu-buru menguasai banyak software grafis dan efek-efek yang ada di dalam software tersebut. Karena banyak desainer grafis pemula yang sering dan suka memakai efek dan pernak-pernik background yang sebenarnya tidak diperlukan. Akibatnya pesan sebenarnya terhalang oleh efek-efek tersebut.

Jadi sebelum anda mulai mendesain, pikirkanlah terlebih dahulu konsep & rancangan apa yang  akan Anda tampilkan dalam sebuah media,baik berupa brosur, poster, leaflet, spanduk maupun cover buku.

Berikut contoh karya desain grafis yang lebih mementingkan efek komputer yg sebenarnya tidak perlu, sehingga pesan menjadi kabur dan susah diingat Audiens.

Pemahaman Tentang Design Grafis
Contoh Design Kebanyakan Efek

Karya Desain Grafis yang lebih mementingkan Konsep desain berupa Image atau teks yang sesuai, serta komposisi warna dan tata letak yang menarik. Yang tampak sederhana namun lebih mudah diingat Audiens.
Pemahaman Tentang Design Grafis
Contoh Design Sederhana

Hal lain perlu diingat dalam membuat desain grafis adalah orang hanya akan melihat desain kita sepintas saja. Khususnya desain spanduk dan baliho. Pengguna jalan hanya akan melihat kurang lebih 1 detik saja. Karena pengguna jalan hanya akan fokus pada cara untuk cepat sampai tujuan. Mereka tidak akan berlama-lama untuk hanya melihat spanduk atau baliho yang dipajang di pinggir jalan.

Meskipun media cetak seperti majalah, Koran, atau buku termasuk media yang dapat dilihat dalam waktu tertentu oleh pembaca. Sudah pasti bentuk desain cover akan diperhatikan oleh para pembaca. Jadi sebelum membuat desain cover buku cobalah untuk membuat desain yang menarik, sehingga para pembaca akan tertarik untuk melihat isi buku tersebut. Dan yang perlu diingat bahwa kebanyakan orang atau audience hanya akan memperhatikan desain yang sederhana, memiliki daya tarik, eye catching, mudah dibaca dan diingat.

Pemahaman Tentang Design Grafis
Contoh Banner XL

Semoga bermanfaat ya.

No comments:

Post a Comment