Monday 25 April 2016

Pengertian Tipografi Dalam Desain Grafis

Pengertian Tipografi Dalam Desain Grafis - Tipografi adalah ilmu memilah dan menata huruf/font sesuai dengan pengaturannya pada ruang tertentu yang tujuannya untuk menciptakan kesan tertentu

Sehingga membantu pembaca merasa nyaman dalam menikmati sebuah karya. Dan tujuan lain juga untuk membuat unsur keindahan dalam sebuah karya. Tipografi juga dapat diartikan karya desain yg menggunakan huruf/font sebagai elemen utamanya. Dalam tipografi, fungsi huruf sebagai lambang bunyi akan diabaikan.



Pengertian Tipografi Dalam Desain Grafis



Huruf/font adalah teman bagi para desainer grafis. Siapa yg tida kenal dengan huruf/font coba ?. Jumlah keseluruhan huruf ada 26, dan bersifat universal. Namun pada setiap kebudayaan yg ada jumlahnya tidak melulu harus 26.

Penggunaan huruf bagi seorang desainer grafis adalah bagakan teman yg selalu ada dalm setiap karya desain. Jadi sebelum menjadi seorang desainer grafis hendaklah kita selalu mengenal dan suka serta memperhatikan bentuk dan sifat huruf tersebut.

Sejarah perkembangan tipografi dimulai dari penggunaan pictograph. Bentuk bahasa ini digunakan oleh bangsa Viking Norwegia dan Indian Sioux. Di Mesir, berkembang jenis huruf Hieratia, yg dikenal dengan nama Hierograph pada aba 1300 SM. Bentuk tipografi ini merupakan dasar dari bentuk Demotia, yg mulai dtulis  dengan pena khusus. Bentuk tipografi ini akhirnya berkembang sampai di Kreta, lalu menjalar ke Yunani dan akhirnya menyebar ke Eropa.

Pada saat Romawi mulai membentuk kekuasaannya pada abad 8 SM di Roma, saat itulah puncak perkembangan tipografi. Hal itu dikarenakan bangsa Romawi tidak memiliki sistem tulisan sendiri sehingga mereka mempelajari sistem tulisan Etruska yg merupakan penduduk asli Italia. Dan bengsa Romawi menyempurnakannya hingga terbentuklah huruf Romawi.
Saat ini tipografi sudah berkembang dari fase penciptaan dengan tangan hinggan menjadi komputerisasi. Fase komputerisasi membuat penggunaan tipografi menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Saat ini jenis huruf sudah mencapai ribuan.

Tipografi dibagi menjadi 2 macam, yaitu :
  • Tipografi, yaitu ilmu memilah dan menata huruf/font sesuai dengan pengaturannya pada ruang tertentu yg bertujuan untuk menciptakan kesan tertentu. Sehingga membantu pembaca merasa nyaman dalam menikmati sebuah karya.
  • Seni tipografi, yaitu karya desain yg menggunakan huruf/font sebagai elemen utamanya.


Tipografi menurut Roy Brewer (1971) dapat memiliki pengertian luas yg meliputi penataan dan pola halaman. Atau dalam pengertian yg lebih khusus meliputi pemilihan, penataan dan berbagai hal yg terkait dalam pengaturan baris-baris huruf (typeset).

Sedangkan pesan tipografi untuk mengkomunikasikan ide atau pesan secara tidak sadar ataupun sadar selalu berhubungan dengan seni tipografi. Kita juga setiap hari selalu berhubungan dengan tipografi. Sebagai contoh layout halaman koran atau majalah, penataan teks pada halaman web, dll.

Dalam pemilihan jenis huruf, yg harus diperhatikan adalah karakter produk yg akan ditonjolkan dan juga segmen pasar. Misal produk winyak wangi untuk wanita, jarang munggunakan jenis huruf Egyptian karena terkesan kuat dan keras, lebih cocok mengguakan jenis huruf Roman yg bersifat klasik dan lembut sehingga cocok engan karakter wanita.

Jika dilihat berdasarkan sudut geometri dan garis dasar yang membetuknya. Huruf dikelompokkan ke dalam 4 jenis, Yaitu :
  • Kelompok garis tegak datar
Adalah E F H I L
  • Kelompok tegak miring
Adalah A K A M N V Z X Y W
  • Kelompok garis tegak lengkung
Adalah B D G J P R U
  • Kelompok garis lengkung
Adalah C O Q S

Demikian sedikit pembahasan Pengertian Tipografi Dalam Desain Grafis. Semoga bermanfaat bagi kita.

1 comment:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Desain. Desain merupakan suatu aspek yang sangat perlu diperhatikan dalam berbagai hal. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai Desain yang dapat dilihat di www.ejournal.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete